BANDUNG || Sampai hari ini, Selasa 1 Agustua 2023, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung melaporkan omzet Pasar Kreatif Bandung 2023 mencapai Rp6,7 miliar. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari empat titik Pasar Kreatif: Bandung Indah Plaza, Trans Studio Mall, Cihampelas Walk, dan Paris Van Java.
“Omzet saat ini berada di angka Rp6,7 miliar. Ini belum termasuk di 23 Paskal, karena baru berlangsung 3 hari. Setelah itu, masih ada 2 titik lagi di Kings Shopping Center dan Festival Citylink,” ujar Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah.
Pada tahun 2022, Pasar Kreatif Bandung sukses meraup omzet hingga Rp8,62 miliar. Elly berharap, jumlah tersebut dapat dilewati oleh Pasar Kreatif edisi 2023.
“Kita masih ada 2 titik lagi, dan ini juga data dari gelaran di 23 Paskal kan belum masuk. Harapannya bisa melampaui capaian tahun lalu tentunya, ya,” ujar Elly.
Ia juga menyebut, Pasar Kreatif Bandung 2023 menampilkan 42 persen wajah baru pelaku UMKM asal Kota Bandung. Wajah-wajah baru ini terpilih berdasarkan kurasi yang ketat.
Meski begitu, ada pula sekitar 15 persen wajah-wajah lama atau pelaku UMKM yang konsisten mengikuti Pasar Kreatif sejak pertama digelar. Menurut, Elly, wajah-wajah lama ini merupakan jenama (brand) UMKM yang sudah stabil, sehingga diharapkan dapat menggandeng pula para pelaku UMKM baru.
“Untuk di titik 23 Paskal ini, saya dengar omzet mereka juga sangat luar biasa. Apalagi di akhir pekan,” kata Elly menambahkan.
Sementara itu, Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna yang meninjau kegiatan Pasar Kreatif menyampaikan apresiasi. Ia mengaku bangga produk UMKM Kota Bandung dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman.
“Desain, paduan warna, inovasi produk dari mereka sudah luar biasa. Saya dengar juga di sini ada salah satu produk jam yang telah menjadi suvenir pada acara G20,” ujar Ema.
Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang menyukseskan Pasar Kreatif 2023, khususnya pihak mal yang sudah memberikan ruang bagi pelaku UMKM Kota Bandung dalam memamerkan serta menjual produknya.
“Saya atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara termasuk pihak mal yang sudah memfasilitasi pelaku UMKM Kota Bandung menjual produknya,” kata Ema.
Sebagai informasi, Pasar Kreatif Bandung adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung bekerja sama dengan Dekranasda Kota Bandung dengan support dari APPBI dan Bank BJB yang sudah diadakan sejak tahun 2020. Tahun ini adalah pelaksanaan Pasar Kreatif Bandung yang ke-4.
Pada gelaran tahun ini, Pasar Kreatif Bandung digelar di:
1. Bandung Indah Plaza, 30 Juni – 9 Juli 2023,
2. Trans Studio Mall, 14 – 23 Juli 2023,
3. Cihampelas Walk, 14 – 23 Juli 2023,
4. Paris Van Java, 21 – 30 Juli 2023,
5. 23 Paskal, 28 Juli – 6 Agustus 2023,
6. The Kings Shopping Center, 4 – 13 Agustus 2023,
7. Festival Citylink, 11 – 20 Agustus 2023. (ray)
(Dw**)