Cimahi Terima Penghargaan Zona Hijau untuk Pelayanan Publik

- Redaksi

Kamis, 5 Desember 2024 - 16:44 WIB

5037 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Satunews.id

Kota cimahi — Pemerintah Kota Cimahi kembali mendapatkan penghargaan Predikat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan Opini Kepatuhan Tertinggi Zona Hijau dari Ombudsman RI. Penghargaan ini diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, pada acara Penganugerahan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat Tahun 2024, yang diselenggarakan di Hotel Grand Sunshine, Soreang, Kabupaten Bandung, pada Rabu (04/12).

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kota Cimahi berhasil meraih nilai 96,13, meningkat dari capaian tahun 2023 yang memperoleh nilai 95,27. Dengan pencapaian ini, Cimahi menduduki peringkat ke-2 untuk kabupaten/kota se-Jawa Barat dan peringkat ke-1 untuk tingkat Pemerintah Kota se-Jawa Barat. Penilaian ini mencakup beberapa instansi, antara lain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, serta Puskesmas Cimahi Utara dan Puskesmas Melong Asih.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Ombudsman RI terhadap instansi yang berhasil memenuhi standar pelayanan publik yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Penilaian kepatuhan oleh Ombudsman bertujuan untuk mendorong pencegahan mal administrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Anggota Ombudsman RI, Dadan Suharmawijaya, yang hadir mewakili Kepala Ombudsman RI, menyampaikan bahwa seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat telah berhasil meraih predikat Zona Hijau dan melampaui target RPJMD. Meski demikian, ia mengingatkan bahwa perbaikan dalam pelayanan publik harus terus dilakukan untuk memenuhi harapan masyarakat. Saat ini, Ombudsman sedang menyusun perubahan indikator pengawasan kepatuhan pelayanan publik untuk tahun 2025, yang akan melibatkan penilaian lebih luas terhadap standar pelayanan, memberikan tantangan baru bagi pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat.

Pj. Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, menegaskan komitmen Kota Cimahi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Kami berkomitmen untuk tidak hanya memenuhi standar pelayanan, tetapi melampaui ekspektasi masyarakat,” ungkapnya. Menurutnya, penghargaan ini merupakan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Pemkot Cimahi. Ke depannya, Cimahi akan terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan berfokus pada empat dimensi penilaian, yaitu dimensi input, proses, output, dan pengelolaan pengaduan masyarakat.

“Pelayanan publik yang excellent merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang berkualitas dan berdampak,” tutupnya.

(HILMAN)***

Berita Terkait

Satlantas Polres Cimahi Edukasi Warga Soal Prosedur Pembuatan SIM, Tekankan Layanan Transparan Tanpa Calo
Integritas, ‘Mudah Diucapkan, Sulit Dipraktekan’
Pemkot Cimahi Kukuhkan Inovator Terbaik di Ajang Cimahi Motekar Award (CHiMA) 2025
Tegakkan Marwah Pers : Satunews.id Umumkan Kebijakan Stop Press terhadap Wartawan Terkait
Sinergi Pelayanan Publik: Poslantas dan Samsat Keliling permudah Urusan Kendaraan 
Pemkot Cimahi Perkuat Garda Terdepan Pencegahan Zoonosis Lewat Bimtek Kader Kelurahan
Pemdes Cipambuan Luncurkan Program Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa 2025 Tahap II
Tingkatkan Keamanan, Lapas Palembang Gelar Penguatan Tusi Regu Pengamanan dan Sosialisasi Inovasi SIKEMBANG

Berita Terkait

Kamis, 4 Desember 2025 - 20:30 WIB

Luapan Air Menutupi Jembatan Jalan Sampora Akibat Hujan Deras

Rabu, 3 Desember 2025 - 18:44 WIB

Tingkatkan Kepatuhan Pajak, Operasi Gabungan Tertib Administrasi Kendaraan Digelar

Rabu, 3 Desember 2025 - 15:32 WIB

Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah: Jalan Pabeyan – Darwati Jadi Bukti Sinergi Pemkab dan DPRD

Senin, 1 Desember 2025 - 20:44 WIB

Sinergi Lintas Sektor, Panitia Pentahelix : Anggaran Dialokasikan di APBD 2026

Minggu, 30 November 2025 - 16:07 WIB

Kades Sukamenak Kang Opik Paparkan Capaian Kinerja 4 Tahun Terakhir dan Soroti Polemik Dana Desa

Sabtu, 29 November 2025 - 18:15 WIB

PLN Kroscek Kabel dalam Saluran Air untuk Atasi Penyumbatan, Didampingi Ketua Pentahelix Dayeuhkolot

Jumat, 28 November 2025 - 12:28 WIB

Bupati Bandung Lantik 309 Kepala Sekolah, Tekankan Disiplin dan Keteladanan

Kamis, 27 November 2025 - 18:14 WIB

Siapkan 4 Skema Pendanaan, Bupati Bandung Percepat Penanganan Banjir Sapan Tegalluar

Berita Terbaru

Artikel

Integritas, ‘Mudah Diucapkan, Sulit Dipraktekan’

Kamis, 4 Des 2025 - 09:34 WIB