Hypefast Gelar Dialog Strategis, Rumuskan Kunci Pertumbuhan Brand Lokal di 2025

- Redaksi

Rabu, 4 Desember 2024 - 11:43 WIB

508 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA – Hypefast, pelopor house of brands berbasis teknologi terbesar di Indonesia menggelar acara Press Conference bertajuk “Key Growth Driver for Local Brands in 2025” yang berlangsung di Showroom MODENA Suryo, Jakarta. Acara ini menghadirkan pelaku industri seperti Sarinah dan Jacquelle Beauty untuk membahas strategi utama mendukung pertumbuhan brand lokal di Indonesia yang terus mengalami perkembangan signifikan.

Industri UMKM dan brand lokal Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tidak lagi hanya sebagai alternatif, brand lokal kini menjadi pilihan utama bagi konsumen. Berdasarkan riset yang dilakukan Hypefast pada ThinkwithHypefast Agustus 2024, 70% responden aktif mencari brand lokal saat berbelanja, sementara 90% responden telah membeli produk brand lokal dalam tiga bulan terakhir.

Namun, meski peluang ini besar, tantangan tetap ada. CEO Hypefast, Achmad Alkatiri atau akrab disapa Mad, memaparkan fenomena kompetisi ketat dengan brand global, termasuk brand asal Tiongkok, menjadi salah satu perhatian utama. Hasil riset Mad menemukan 6 dari 10 konsumen Indonesia belum dapat membedakan produk lokal dengan produk impor dari Tiongkok. Data ini juga diimbangi dengan Compas data based on Shopee and Tokopedia yang menunjukkan bahwa 4 dari 10 brand kosmetik dengan penjualan tertinggi di Indonesia saat selama Ramadan merupakan brand Tiongkok.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

CEO Jacquelle Beauty, Budi Thomas, mengungkapkan  bahwa tantangan dalam local brand menghadapi kompetisi adalah dari sisi supply dan teknologinya lebih terbatas.

“Customer sudah pintar dan bisa membedakan brand-brand yang kredibel. Sehingga dari sisi brand, bisa fokus membangun reputasinya lewat pengembangan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen. Ini praktik yang terus diupayakan Jacquelle Beauty,” ungkap Budi.

Kesuksesan kolaborasi Jacquelle Beauty bersama Jazzy lewat Jacquelle Glitter Gloss Tint x Jazzy – Inside Out Edition adalah salah satu upaya mereka dalam membangun relevansi terutama bagi Generasi Z yang ingin mengekspresikan diri. Selain itu, lewat produk ini, Jacquelle Beauty juga menonjolkan dari sisi pengalaman konsumen yang unik—di mana hal ini lah yang saat ini jadi perhatian konsumen saat memilih produk.

Pengalaman konsumen menjadi poin yang juga disoroti sebagai kunci pertumbuhan brand dengan memanfaatkan kehadiran offline mereka. Hal ini didukung dengan fakta bahwa era pasca-pandemi, aktivitas belanja offline kembali menjadi pilihan utama konsumen. Data dari Populix menunjukkan bahwa preferensi belanja offline meningkat lebih dari dua kali lipat.

Dalam diskusi panel, Diah Minarni, PLT Head of Retail Kurator Sarinah mengungkapkan bahwa saat ini banyaknya jumlah UMKM tidak diimbangi “lapak” penjualan. Di Jakarta sendiri ada 15-20 Juta UMKM, dan Sarinah bekerja sama dengan pemerintah saat ini mulai fokus untuk memperbanyak tempat untuk para pengusaha UMKM.

Diah menambahkan, selain inovasi, brand juga tidak boleh melupakan strategi komunikasi. Strategi Sarinah dalam memisahkan konsumen berdasarkan 7 layer dianggap cukup efektif dalam mengidentifikasi target market berdasarkan area dan daya beli. Data-data ini yang kemudian mendukung pertumbuhan brand lokal yang hadir di Sarinah.

“Data, evident, dan brand bisa pastikan mitranya sudah siap untuk ekspansi dan inovasi. Karna consumer Indonesia tipe yang setia ketika brand komitmen dengan produk dan menjawab masalah konsumennya. Cintai produk Indonesia tidak boleh hanya berhenti menjadi tagline, tetapi juga menjadi budaya,” jelas Diah.

Menutup diskusi panel, Mad mengungkapkan pendekatan hyperlokal bisa mulai digencarkan kembali oleh local brand. Pasalnya produk asal Tiongkok juga sudah mulai masuk ke 7 dari 10 toko di daerah Indonesia.

“Hypefast mendorong local brand untuk mulai pendekatan secara hyperlocal, tidak hanya fokus ke mainstream channel,” ujar Achmad.

Melalui acara ini, Hypefast menegaskan perannya sebagai penggerak utama ekosistem brand lokal, berupaya memastikan bahwa produk Indonesia tidak hanya dicintai di pasar domestik tetapi juga memiliki daya saing di kancah internasional.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

AstraPay Resmi Diluncurkan: Solusi Pembayaran Digital yang Mudah dan Aman
Membuka Era Baru Transaksi Digital dengan AstraPay: Pengalaman Unik Mendukung Berkelanjutan dan Cashless Society
*Membangun Masa Depan yang Berkelanjutan dengan AstraPay dan Generasi Digital*
Permudah Aksesibilitas Perekonomian Pasar Lemah Abang, Pemkab Bekasi Wacanakan Bangun Putaran U-Trun
OJK Beri Lampu Hijau Buyback Saham Tanpa RUPS di Tengah Gejolak Pasar
Pahami Ini Dulu! Dokumen Jual Mobil yang Wajib Disiapkan Biar Nggak Pusing di Belakang!
Tata Kelola Parkiran, Mie Gacoan Cibinong Dapat Pujian Warga
Kopi Romantis, Tawarkan Konsep Unik dengan Harga Terjangkau

Berita Terkait

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:49 WIB

Sabrina Budiarti Asal Lamajang Dayeuhkolot,Sangjuara ke-3 Pentas Pasanggiri Jaipong Se-Kabupaten Bandung

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:43 WIB

Dalam Rangka HUT Ke-5 Tahun, Gibas Resort Sukamanah Jongol Solid Bergerak dan Peduli Sesama

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:41 WIB

SMAN 1 Bandung Tetap Beroperasi, Pemdaprov Jabar Ajukan Banding

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:38 WIB

Fokus Tingkatkan Pelayanan Spesialis, RSUDMA Sumenep Persiapkan Layanan Urologi

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:31 WIB

RSUDMA Sumenep Komitmen Transformasi Layanan Lewat IPP

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:26 WIB

Bupati Bandung H Dadang Supriatna Membuka Konfrensi PGRI Kabupaten Bandung Masa Bakti XXIII

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:19 WIB

MTQH ke-39 Resmi Ditutup, Kabupaten Bandung Sabet Juara Umum MTQH Jawa Barat

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:16 WIB

Musda PPPK Fasyankes Kota Bandung, Bangun Ruang Dialog Profesional dan Berkualitas

Berita Terbaru

KUNJUNGAN WAMENDES : Pj Bupati Bekasi Dedy Supriyadi mendampingi kunjungan Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Wamendes PDT) Ahmad Riza Patria ke Eco Wisata Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan, pada Selasa (12/12/2024).

Berita

Pemkab Dukung Swasembada Pangan dan Wisata Lokal

Rabu, 13 Nov 2024 - 13:31 WIB