RSUDMA Sumenep Komitmen Transformasi Layanan Lewat IPP

Satunews.id

- Redaksi

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:31 WIB

506 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sumenep, Satunews.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, membuktikan komitmen serius dalam revolusi pelayanan kesehatan melalui launching Instalasi Peduli Pelanggan (IPP).

Sebuah inovasi baru RSUDMA Sumenep, dalam menghadapi berbagai kritik terkait pelayanan yang dianggap kurang memuaskan. Kini, membuktikan keseriusannya melalui hadirnya IPP.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar, dr. Erliyati, M.Kes, melalui Kepala Seksi Informasi Erfin Sukayati, menegaskan, bahwa IPP merupakan wujud nyata transformasi digital dan humanisasi pelayanan kesehatan.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“IPP bukan sekedar tempat pengaduan, tetapi pusat solusi terintegrasi yang menghadirkan standar pelayanan kelas dunia. Setiap keluhan menjadi peluang perbaikan berkelanjutan,” tegas Erfin dalam keterangannya. Rabu, (18/6/2025).

Kredibilitas IPP tidak main-main. Seluruh petugas telah mengantongi sertifikasi resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), menjamin kompetensi dan profesionalisme dalam menangani setiap kasus.

Integrasi dengan sistem Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan tidak ada hambatan administratif bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) maupun Universal Health Coverage (UHC).

Pihaknya menambahkan, data faktual IPP, lokasinya strategis berada di sebelah timur Instalasi Gawat Darurat (IGD), operasional 24 jam non-stop, sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk seluruh petugas, integrasi dan sistem BPJS Kesehatan Coverage semua unit pelayanan via telepon.

“Tidak ada lagi diskriminasi atau perlakuan berbeda. Setiap pasien, apapun status kepesertaannya, mendapat pelayanan prima dengan standar yang sama,” jelas Erfin.

Keunggulan IPP terletak pada kebutuhan masyarakat digital. Sistem komunikasi terintegrasi memungkinkan akses informasi real-time melalui jaringan telepon yang tersebar di seluruh unit pelayanan, memastikan tidak ada pasien yang terlewat dari perhatian.

“Kesehatan tidak mengenal waktu, begitu pula komitmen kami. Layanan 24 jam adalah standar minimal yang kami berikan untuk kenyamanan dan ketenangan pasien serta keluarga,” tambah Erfin dengan penuh keyakinan.

Keberhasilan IPP dalam mengubah persepsi masyarakat menjadi momentum bagi manajemen RSUD untuk terus berinovasi.

Direktur dr. Erliyati, M.Kes, melalui jajaran manajemen, telah menyusun roadmap pengembangan pelayanan jangka panjang.

Rencana pengembangan 2025 – 2027, digitalisasi seluruh sistem pelayanan, peningkatan fasilitas medis dan non – medis, sertifikasi internasional untuk tenaga medis, implementasi sistem manajemen mutu International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015 dan program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk masyarakat kurang mampu

“IPP hanyalah langkah awal dari revolusi pelayanan kesehatan di Sumenep. Target kami adalah menjadi rumah sakit rujukan terbaik se-Madura dengan standar pelayanan nasional,” ujarnya.

Transformasi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep tidak hanya berdampak pada kualitas kesehatan, tetapi juga ekonomi daerah. Peningkatan kepercayaan masyarakat diproyeksikan akan mengurangi rujukan ke luar daerah, menghemat biaya transportasi dan akomodasi keluarga pasien.

“Dengan adanya IPP, setiap tindakan medis kami menjadi lebih terukur dan akuntabel. Ini menciptakan kultur pelayanan yang berorientasi pada kepuasan dan keselamatan pasien,” tutur Erfin dengan optimisme tinggi.

Fakta singkat RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, status Rumah RSUD Tipe B, kapasitas 200 tempat tidur, tenaga medis 45 dokter spesialis, 120 perawat tersertifikasi, fasilitas unggulan IGD 24 jam, ICU, NICU, Hemodialisa, CT-Scan dan Terakreditasi Paripurna KARS 2023.

(rul)

Berita Terkait

Sabrina Budiarti Asal Lamajang Dayeuhkolot,Sangjuara ke-3 Pentas Pasanggiri Jaipong Se-Kabupaten Bandung
Dalam Rangka HUT Ke-5 Tahun, Gibas Resort Sukamanah Jongol Solid Bergerak dan Peduli Sesama
SMAN 1 Bandung Tetap Beroperasi, Pemdaprov Jabar Ajukan Banding
Fokus Tingkatkan Pelayanan Spesialis, RSUDMA Sumenep Persiapkan Layanan Urologi
RSUDMA Sumenep : Layanan Berbasis Digitalisasi Menjadi Prioritas Utama Melalui RFA
Bupati Bandung H Dadang Supriatna Membuka Konfrensi PGRI Kabupaten Bandung Masa Bakti XXIII
MTQH ke-39 Resmi Ditutup, Kabupaten Bandung Sabet Juara Umum MTQH Jawa Barat
Musda PPPK Fasyankes Kota Bandung, Bangun Ruang Dialog Profesional dan Berkualitas

Berita Terkait

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:49 WIB

Sabrina Budiarti Asal Lamajang Dayeuhkolot,Sangjuara ke-3 Pentas Pasanggiri Jaipong Se-Kabupaten Bandung

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:43 WIB

Dalam Rangka HUT Ke-5 Tahun, Gibas Resort Sukamanah Jongol Solid Bergerak dan Peduli Sesama

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:41 WIB

SMAN 1 Bandung Tetap Beroperasi, Pemdaprov Jabar Ajukan Banding

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:38 WIB

Fokus Tingkatkan Pelayanan Spesialis, RSUDMA Sumenep Persiapkan Layanan Urologi

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:31 WIB

RSUDMA Sumenep Komitmen Transformasi Layanan Lewat IPP

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:26 WIB

Bupati Bandung H Dadang Supriatna Membuka Konfrensi PGRI Kabupaten Bandung Masa Bakti XXIII

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:19 WIB

MTQH ke-39 Resmi Ditutup, Kabupaten Bandung Sabet Juara Umum MTQH Jawa Barat

Minggu, 22 Juni 2025 - 21:16 WIB

Musda PPPK Fasyankes Kota Bandung, Bangun Ruang Dialog Profesional dan Berkualitas

Berita Terbaru

KUNJUNGAN WAMENDES : Pj Bupati Bekasi Dedy Supriyadi mendampingi kunjungan Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Wamendes PDT) Ahmad Riza Patria ke Eco Wisata Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan, pada Selasa (12/12/2024).

Berita

Pemkab Dukung Swasembada Pangan dan Wisata Lokal

Rabu, 13 Nov 2024 - 13:31 WIB