21 Oktober 2021

SatuNews

Beyond the News

Jadwal CPNS Diumumkan 29 Juni, Pendaftaran Hanya di sscasn.bkn.go.id

3 min read

Pendaftaran CPNS 2021 hanya bisa dilakukan secara online melalui portal SSCASN 2021. Portal ini dapat diakses melalui link pendaftaran CPNS sscasn.bkn.go.id.

 

JAKARTA – Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Bima Haria Wibisana menyampaikan, jadwal pendaftaran CPNS 2021 diumumkan pekan depan, 29 Juni 2021. Atau, kata dia, paling lambat 30 Juni 2021 bersamaan dengan pengumuman seleksi PPPK.

Khusus untuk pelaksanaan tes CPNS dan PPPK Guru, Bima menjelaskan, ujian akan berlangsung secara terpisah. Peserta CPNS harus melalui rangkaian tes seleksi kompetisi dasar (SKD) dan kompetisi bidang (SKB) menggunakan skema computer assisted test (CAT).

Sedangkan proses seleksi PPPK Guru, akan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Bagi masyarakat pelamar baru dan belum pernah mengajukan lamaran, ada beberapa petunjuk yang bisa dijadikan acuan berikut ini:

 

Pendaftaran Online 

Pendaftaran CPNS 2021 bisa dilakukan secara online melalui portal resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN 2021). Portal tersebut dapat diakses melalui link pendaftaran CPNS 2021 sscasn.bkn.go.id.

Pada website tersebut, sudah tersedia fitur buat akun dan login di sscasn.bkn.go.id. Hanya saja, hingga Sabtu (26/6) kemarin, login dan buat akun di sscasn.bkn.go.id belum bisa dilakukan.

Fitur itu ketika diklik akan diarahkan ke link https://sscasn.bkn.go.id/soon. Pada link ini akan muncul tampilan pemberitahuan yang bertulis “under contruction we’ll back soon!” yang berarti fitur tersebut masih dalam tahap perbaikan sebelum bisa diaktifkan.

Yang jelas, sejauh ini pada halaman awal website SSCASN 2021, pengunjung disuguhkan dengan tampilan ucapan selamat datang.

“Selamat Datang di Portal SSCASN PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru. Segera daftarkan diri kamu..!!” demikian petikan kalimat yang tertera dalam halaman utama link pendaftaran CPNS 2021 sscasn.bkn.go.id.

Sementara alur seleksi CPNS 2021 sudah resmi diumumkan melalui portal terintegrasi penerimaan ASN 2021 yang dapat diakses lewat link pendaftaran CPNS 2021 sscasn.bkn.go.id.

Dalam alur pendaftaran CPNS 2021, terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui. Tahapan tersebut dimulai dari pembuatan akun pada portal resmi sscasn.bkn.go.id.

 

Enam Alur Pendaftaran

Daftar Akun

Daftar Formasi

Seleksi Administrasi

Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi Kompetensi Bidang

Pengumuman Kelulusan

 

Dari masing-masing alur tersebut, terdiri dari beberapa langkah yang harus dilakukan para pelamar seleksi CPNS 2021.

-Pelamar mengakses Portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id

-Buat akun SSCASN

-Login ke akun SSCASN yang telah dibuat

Lengkapi biodata dan unggah swafoto

-Jika sudah memiliki akun SSCASN, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran pada formasi CPNS yang dibuka pada tahun 2021 ini.

 

Guru Honorer

Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru honorer 2021 juga akan dibuka pekan depan, bersamaan dengan pendaftaran CPNS.

“Peluang ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para guru honorer yang belasan tahun menunggu kejelasan nasib. Persiapkan diri dengan baik dari sisi mental maupun teknis,” kata Ketua Komisi X DPR-RI Syaiful Huda, Minggu (27/6).

Menurutnya, BKN memastikan jika pembukaan pendaftaran seleksi PPPK untuk guru honorer maupun CPNS dibuka paling lambat tanggal 30 Juni mendatang.

Khusus untuk seleksi PPPK guru honorer, kata dia, akan ditangani secara langsung oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Kendati ditangani Kemendikbud Ristek, prinsip seleksi PPPK Guru Honorer akan sama dengan seleksi lain di mana ada seleksi adminstrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetisi bidang. Dengan demikian para guru yang ikut seleksi harus benar-benar mempersiapkan diri,” ungkapnya. (Rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *