Sab. Nov 28th, 2020

Distanakbun Sidak ke Pedagang Hewan Kurban

1 min read

BANDARLAMPUNG – Memasuki Idul kurban 31 juli 2020, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Kota Bandar Lampung sidak ke pedagang hewan kurban, untuk memeriksa kesehatan hewan kurban.

Kepala Distanakbun Bandar Lampung, Agustin mengatakan, dari pemeriksaan yang dilakukan, petugas belum menemukan hewan yang tidak sehat atau tidak layak untuk dijadikan hewan kurban.

“Alhamdulillah sampai saat ini kita belum menemukan hewan yang tidak layak kurban. Tetapi ini kita juga masih terus berjalan melakukan pengecekan sampai pemotongan hewan,” kata Agustin di lokasi sidak, Kamis (16/7).

Dia mengungkapkan, pihaknya menurunkan 20 tim yang tersebar di semua kecamatan. Selain pengecekan kesehatan, nantinya petugas juga memastikan kelayakan daging kurban setelah disembelih, layak dikonsumsi atau tidak.

“Setiap tim ada 3 sampai 4 orang kita juga gabungan dengan dinas terkait lainnya,” terangnya.

Dia menghimbau, bagi masyarakat yang ingin membeli hewan kurban harus dipastikan sehat. Dengan ciri-ciri tubuhnya baik dan bersih.

“Bulu-bulunya halus dan yang pasti tidak cacat sesuai dengan kriteria hewan yang cukup umur,” jelasnya.

Agustin menerangkan bahwa stok hewan kurban di Bandar Lampung masih cukup, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. “Stok kita cukup, sapi sekitar 1.500 dan kambing sekitar 2.400,” tandasnya. (Raden)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *