Sab. Okt 31st, 2020

Taufik Basari Ajak Petani Lampung Jadi Tulang Punggung Ketahanan Pangan

2 min read

BANDARLAMPUNG – Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I, Taufik Basari, mengapresiasi kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) Jumat (19/6) ke sejumlah lokasi pertanian dan pembibitan di Provinsi Lampung.

Menurut Taufik, kunjungan kerja Menteri Pertanian yang kedua kalinya ke Lampung dalam kurun waktu tujuh bulan sejak diangkat sebagai anggota Kabinet Indonesia Maju tersebut menunjukkan perhatian Menteri dan Pemerintah terhadap sektor pertanian dan peternakan di Lampung.

Anggota DPR RI yang juga Ketua Fraksi Partai NasDem MPR RI ini juga menyampaikan terima kasihnya kepada Menteri Pertanian yang telah menyatakan Lampung sebagai salah satu sentra kekuatan pangan nasional.

Dalam berbagai kesempatan Taufik Basari telah menyampaikan komitmennya untuk memperjuangkan agar Lampung menjadi lumbung pangan nasional. Ia meyakini pertanian di Lampung mampu untuk menjaga ketahanan pangan nasional, namun syaratnya petaninya harus siap dan memiliki semangat yang sama.

“Apa yang disampaikan Pak Menteri merupakan penghormatan bagi Lampung, sekaligus ini menjadi tantangan bagi petani kita di Lampung untuk siap untuk menjadi tulang punggung ketahanan pangan bangsa ini,” ungkap Taufik.

Menurutnya hal ini harus menjadi gerakan bersama, melibatkan seluruh kelompok petani dan mesti didukung oleh pemerintah daerah, sehingga pencanangan program pertanian dari pemerintah pusat terhadap Lampung tidak sia-sia.

“Sebagai anggota DPR RI Dapil Lampung, saya akan mengawal program nasional pertanian untuk para petani kita di Lampung. Kita dorong supaya ada peningkatkan kapasitas produksi termasuk di dalamnya kemampuan petani kita ditingkatkan” bebernya.

Terkait dengan berbagai kendala yang biasa dikeluhkan petani, Taufik mengaku akan membantu, termasuk akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan kementerian terkait sehingga bantuan untuk petani Lampung bisa terealisasi dengan baik.

“Ini adalah tugas dan kewajiban saya untuk memperjuangkan harapan-harapan para petani. Petani kita di Lampung penting untuk mendapatkan kemudahan, sehingga apa yang jadi kendala bisa diatasi. Mudah-mudahan ke depan bantuan berupa bibit, pupuk murah dan alat-alat pertanian kembali bisa kita distribuskan untuk petani di Lampung dalam rangka pelaksanaan program pemerintah menjaga ketahanan pangan nasional” harapnya. Selain bantuan-bantuan untuk para petani, Anggota DPR Fraksi Nasdem ini juga akan memperjuangkan perbaikan dan pembangunan infrastruktur pertanian seperti rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier, Irigasi perpompaan dan pengadaan embung. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *