Kam. Okt 22nd, 2020

Bersih-bersih Manusia Gerobak

2 min read

BANDARLAMPUNG – Puluhan petugas dari Pol-PP, Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, BPBD, DLH dan Dinsos Kota Bandarlampung menjaring manusia gerobak yang kerap ‘menghiasi’ jalanan Kota Tapis Berseri.

Kepala Badan Polisi Pamong Praja (Banpol-PP) Kota Bandarlampung, Suhardi Syamsi mengatakan giat tim gabungan tersebut dilaksanakan mulai hari dengan titik start berkumpul di kantor BPBD setempat.

“Hari ini kita tim gabungan lakukan penertiban pemulung, manusia gerobak, anak jalanan, pengemis dan lain sebagainya. Dimulai dari pukul 15.30 WIB hingga nanti pukul 20.00 WIB,” ujar Suhardi Syamsi, Minggu (10/5).

Dia menjelaskan, Pol-PP Bandarlampung menerjunkan setidaknya 60 anggota untuk melaksanakan kegiatan penertiban penyakit masyarakat di jalanan.

“Pol-PP ada 60 orang anggota, kodim 30 orang, kepolisian 30 orang, Dishub, BPBD, Dinsos, Dinas Lingkungan Hidup,” jelasnya.

Kemudian, dalam pelaksanaan dilapangan seluruh petugas dibagi kembali dalam tiga kelompok, dimana dari tiga kelompok tersebut akan melaksanakan penertiban di tiga rute yang telah di tentukan.

“Tim terbagi dalam tiga rute. Pertama, di jalan jendral sudirman melintasi garuntang hingga ke Teluk. Kedua, dari Jalan Pengeran Antasari menuju bypass hingga ke Sultan Agung. Ketiga, dari jalan Teuku Umar, Zainal Abidin Pagaralam, memutar hingga ke Raden Intan, Diponegoro ke kantor Pemkot,” ungkapnya.

Dengan menggunakan kendaraan yang telah dipersiapkan yaitu berupa mobil truck terbuka dan tertutup, pickup petugas mengamankan langsung para penyakit masyarakat (pekat) yang kemudian nanti didata dan diberikan makanan serta pengarahan.

“Pemulung itu kita angkut sekaligus mengimbau warga untuk selalu mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan protokol kesehatan lainnya. Dan setelah diamankan pemulung kita berikan makan, minum, kita silahkan pulang kerumahnya.  Kegiatan ini belum bisa dipastikan sampai kapan karena itu Ketua Gugus Tugas yang menentukan,” pungkasnya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *