Ming. Okt 25th, 2020

Kostiana: Jangan Tolak Pemakaman Jenazah Positif Covid-19

1 min read

BANDARLAMPUNG – Sekretaris Komisi IV DPRD Lampung, Kostiana menggelar Sosialisasi Perda (Sosper) Pedoman Rembug Desa dan Kelurahan Dalam Pencegahan Konflik di Provinsi Lampung.

Namun tak seperti beberapa Sosper sebelumnya, kali ini tak ada tenda atau mengumpulkan kerumunan massa. Kostiana memilih Sosper secara mobile atau berkeliling.

Saat ditemui di Jalan Raden Saleh, Kedaton, Bandarlampung, politisi PDIP itu mengakui memang ada protokol khusus yang diterapkan pada Sosper kali ini.

“Protokol kesehatan diberlakukan demi mencegah penyebaran Covid-19. Jadi kita tidak mengumpulkan massa dalam jumlah banyak di satu titik,” jelasnya, Rabu (15/4).

Dalam kesempatan itu, Kostiana juga menjelaskan, Perda yang disosialisasikan berkaitan dengan peristiwa penolakan pemakaman jenazah terpapar Covid-19 yang terjadi di Bandarlampung beberapa waktu lalu.

Masyarakat, kata Kostiana, seyogyanya harus bisa menerima kehadiran jenazah yang terpapar Covid-19 untuk dimakamkan, tanpa adanya penolakan. Sebab menurutnya, pemakaman jenazah tersebut sudah melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) dari pemerintah, sehingga tidak akan membahayakan masyarakat sekitar.

“Walaupun Covid-19 ini merupakan penyakit menular tetapi melalui SOP saat pemakaman pastinya sudah disterilkan. Artinya, sudah tidak bisa ditularkan lagi,” jelas Bendahara DPD PDIP Lampung itu.

Dalam agenda tersebut, Kostiana juga membagikan bingkisan sembako ke masyarakat yang sudah terlebih dahulu di data oleh kepala lingkungan.

“Saya merasa empati dengan dampak yang terjadi akibat virus ini. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir, karena di rumah pun kita bisa tetap mencari nafkah, seperti membuat masker untuk dijual. Sebab, masker sangat dibutuhkan penggunaannya seperti sekarang ini,” pungkasnya. (Gar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *