Rab. Okt 21st, 2020

Cara Unik Aprilliati Sosialisasikan Perda

2 min read

BANDARLAMPUNG – Berbekal mobil pick up dan pengeras suara, anggota DPRD Provinsi Lampung, Aprilliati berkeliling Bandarlampung dalam rangka Sosialisasi Perda (Sosper).

Ketua Fraksi PDIP itu dengan lantang menyuarakan pentingnya Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2016 terkait pedoman rembug desa atau kelurahan dalam rangka pencegahan konflik di Provinsi Lampung.

Menurut Aprilliati, cara sosialisasi semacam itu sangat efektif untuk dipakai ditengah merebaknya pandemi Covid-19. Sebab saat ini pemerintah telah menggalakan social distancing dan physical distancing.

“Saya mengajak masyarakat untuk sama-sama membangun dan menerapkan semangat Perda nomor 1 tentang rembug desa atau rembug kelurahan. Tujuan dibuatnya perda ini agar segala konflik yang terjadi di tingkat desa/kelurahan bisa dimusyarawarahkan dengan menjunjung rasa kekeluargaan,” kata April, Rabu (15/4).

Lebih lanjut April menjelaskan, perda yang mulanya bersumber dari program kepolisian di zaman Kapolda Lampung Ike Edwin itu menitik beratkan upaya perdamaian konflik.

“Tapi ini dilakukan untuk kasus tindak pidana ringan, dengan tidak menghapus tindak pidananya, hanya memperingan saja,” jelasnya.

Jika perda tersebut diterapkan dengan baik, April meyakini, akan tercipta keadaan yang aman dan tentram ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Dalam sosper tersebut juga, April memberi bantuan sosial. Diantaranya membagikan masker dan sembako berupa lima kilogram beras kepada warga yang ditemuinya. Khususnya para ojek online (ojol).

“Ditengah kesuliatan masyarkat yang disuruh lebih baik berdiam dirumah atau tidak melakukan aktifitas karena imbas covid-19, saya rasa tidak ada salahnya menyisihkan sedikit penghasilan untuk memberi bantuan,” ungkapnya.

Dalam penyerahan bantuan, April tetap memperhitungkan jarak sosial, sesuai anjuran dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

“Sehari sebalumnya kita pun sudah koordinasi kepada pihak satuan gugus tugas dan aparat setempat,” pungkasnya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *