Ming. Okt 25th, 2020

Merasa Ditipu, Masyarakat Polisikan Direktur PT RCM

2 min read

TULANGBAWANG – Masyarakat Kampung Gedung Meneng, Kampung Mahabang dan Kampung Sungai Nibung, merasa ditipu oleh Direktur PT Ria Citra Makmur (RCM), Suwandi Anto.

Pasalnya, pemasangan instalasi listrik oleh PT RCN tidak memiliki Standar Laik Oprasi (SLO) dan tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Warga Kampung Sungai Nibung, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulangbawang (Tuba), MR (45) mengatakan sejak tahun 2014 setidaknya sudah ribuan instalasi yang dipasang PT RCM di rumah warga tidak memiliki SLO dan tidak memenuhi SNI.

”Sedangkan SLO sangat penting bagi konsumen maupun perusahaan produsen listrik guna menjamin aspek keamanan kelistrikan. Karena itu, sebagai perusahaan di bidang jasa, memastikan setiap instalasi memenuhi syarat dan kelayakan beroperasi. Semua itu tidak didapatkan oleh konsumen yang memasang listrik dengan Suwandi,” ungkap MR.

Dikatakan MR, masyarakat Kecamatan Gedung Meneng, dan Kecamatan Dente Teladas yang menggunakan jasa listrik dirumahnya, tidak semua memahami SLO. Sedangkan SLO sendiri menjadi syarat penting untuk menjamin aspek keamanan dalam penggunaan listrik di setiap rumah warga.

”Seharusnya instalasi tersebut, memenuhi persyaratan Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL 2011) dan Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga masyarakat mengetahui bahwa instalasi yang terpasang di rumah mereka sudah memenuhi aspek keselamatan ketenagalistrikan yaitu, andal, aman serta ramah lingkungan,” terangnya.

Hal tersebut, lanjut MR, juga diatur dalam keputusan Makamah Konstitusi nomor 58/PUU-XII/2014, pasal 44 ayat (4) UU Ketenagalistrikan, yang menyebutkan bahwa setiap instalasi tenaga listrik yang beroperasi wajib memiliki SLO.

“Apabila terjadi kebakaran karena instalasi listrik ini, maka kerugian akan dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu, kami masyarakat akan melaporkan Direktur PT RCM, Suwandi ke pihak berwajib, atas penipuan yang dilakukannya terhadap masyarakat tiga Kampung. Karena instalasi listrik rumah tangga yang dipasang PT RCM tidak memiliki SLO dan tidak sesuai SNI,” tukasnya.

Hingga berita ini diturunkan, wartawan Poros Daily masih coba mengkonfirmasi Direktur PT Ria Citra Makmur, Suwandi Anto. (Mawardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *