Kam. Okt 22nd, 2020

Tubaba Open Dification Free Stop BABS

1 min read

TULANGBAWANG BARAT – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Kamis (12/12), mendeklarasikan open defication free (ODF) stop buang air besar sembarangan (BABS).

Deklarasi dipusatkan di Aula Pemkab Tubaba. Selain Wakil Bupati dan Kapolres Tubaba, kegiatan ini dihadiri pula oleh Tim Verifikasi dari Pemprov Lampung, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Camat, Kepala OPD, Kepala Tiyuh se-tubaba, Babinsa, serta seluruh Kepala Puskesmas yang ada di daerah itu.

Dalam sambutannya, Wakil Bupat Tubaba Fauzi Hasan menyampikan, sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) adalah pendekatan untuk merubah perilaku  hygiene melalui pemberdanyaan masyarakat dengan metode memicu.

Hal ini, kata Fauzi Hasan, sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan RI No.3 tahun 2014 dan Perbub Tubaba No.44 tahun 2018 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Open defication free, dijelaskannya, adalah salah satu pilar dari lima pilar (STBM), yang kegiatannya diupayakan oleh Pemkab Tubaba dalam rangka merubah perilaku buang air besar sembarangan menuju perilaku hidup bersih dan sehat.

Sampai saat ini, ujar dia, Pemkab Tubaba telah mampu mendeklarasikan atau meng-ODF-kan sebanyak 23 tiyuh dari 103 tiyuh yang ada di Tubaba.

Selanjutnya yang di deklarasikan pada hari ini (kemarin) sebanyak 45 tiyuh, sehingga sisa tiyuh yang belum ODF tinggal 35 tiyuh lagi. Direncanakan, 35 tiyuh tersebut akan dideklarasi pada 2020 mendatang.

“Dengan begitu, memasuki tahun 2020 Kabupaten Tubaba bisa menjadi kabupaten yang ODF. Semoga, mementum ini bisa memicu tiyuh lain di Tubaba untuk segera mewujutkan stop buang air besar sembarangan,” ujar Wabup. (Mawardi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *