Ming. Okt 25th, 2020

PCC Metro Gelar Kebiri Masal

1 min read

METRO – Tingginya populasi kucing liar di Kota Metro menciptakan kekhawatiran akan kemungkinan virus hewan menular ke manusia.

Diantaranya, Rabies dan Toxoplasma, yang dapat menyebabkan kematian pada manusia.

Dalam upaya menekan populasi kucing liar tersebut, Pet Care Center (PCC) Metro menggelar bhakti sosial Kebiri Kucing Liar Masal. Kegiatan yang digelar di Halaman PCC, Kauman, itu juga sekaligus memperingati HUT PCC Metro yang ke- 8.

Pada kebiri masal itu, terdata ada 50 kucing domestik peliharaan warga yang dikebiri.

Dody Irwan Suparno, owner PCC mengatakan kegiatan itu sudah dilakukan ketiga kalinya di Kota Metro. Menurutnya, dalam tiap kegiatan, mayoritas diikuti pemilik kucing peliharaan.

“Tentu agar kucing pelhiraannya tidak tertular penyakit dari kucing liar. Kalau toksoplasma sangat bahaya, penyakit yang ditularkan hewan kucing atau anjing ini bisa mengakibatkan manusia mengalami kemandulan. Selain itu ada juga penyakit Rabies, yang terserang bisa meninggal dunia dalam waktu beberapa hari,” katanya, Minggu (1/12).

Menurutnya. Ciri-ciri hewan yang terkena penyakit rabies diantaranya adalah takut sinar matahari, takut air dan menjadi galak terhadap majikan.

Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Lampung, Ruri Astuti Wulandari mengatakan pengendalian penyakit rabies salah satunya adalah dengan pengendalian populasi.

“Dengan adanya kebiri ini, dapat mengendalikan populasi. Hal ini sangat penting, kalau populasinya terkontrol otomatis, penyebaran penyakit menular juga bisa ditekan,” katanya. (Medi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *