Rab. Okt 21st, 2020

Pemprov Gusur Kios PKL PKOR Way Halim

2 min read

Foto: IST

Kawasan PKOR Way Halim ‘diplot’ harus steril dari kios PKL. Para pedagang diberi limit waktu hingga 25 November. Jika tidak, maka lapak mereka bakal digusur.

BANDARLAMPUNG – Kebijakan tidak pro rakyat disorong Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Melalui surat edaran (SE) bernomor: 700/884/V.05/ 2019 perihal Peringatan I, Pemprov Lampung mengancam menggusur kios-kios yang ada di sekitar PKOR Way Halim.

Tak hanya lapak di dalam kawasan pagar PKOR saja. Tapi, kios-kios lain di Jalan Sultan Agung, Jalan Sumpah Pemuda, dan lingkar Stadion PKOR, juga diperintahkan untuk segera dikosongkan.

Peringatan I perintah pengosongan lahan milik pemprov Lampung tersebut, jelas mendapat ‘perlawanan’ dari para PKL. Mereka berharap, Gubernur Lampung memberi solusi tempat usaha lain agar para pedagang bisa mencari nafkah.

“Harusnya, pemerintah memberi kami tempat lain agar usaha kami ini bisa terus berjalan,” kata Ucok, pedagang permadani di Jalan Sultan Agung, Minggu (17/11).

Menurutnya, menggusur tanpa solusi relokasi, adalah tindakan semena-mena. “Beri kami jalan keluar yang baik,” ujarnya.

Hari, pedagang lainnya, mengaku sudah menerima surat edaran pengosongan lapak tempat berjualannya. “Perintahnya dalam surat edaran itu, harus dikosongkan mulai tanggal 7 sampai 14 kemarin,” kata dia.

Pada tanggal 15 November 2019 kemarin, kata Hari, Satpol PP kembali mendatangi para pedagang untuk  memberikan surat peringatan, agar mereka mengosongkan lapak sebelum tanggal 25 November.

Jika surat ini tidak pula diindahkan, ujar Hari, maka petugas Pol PP akan menggusur paksa kios para PKL tersebut.

Pantauan lapangan, Minggu (17/11) siang, para pemilik kios di Jalan Sultan Agung masih terlihat buka. Mereka berjualan seperti biasa, meski memang para pedagang dihantui penggusuran.

Sebagian pedagang lain, mengakui sudah mempersiapkan diri pindah ke lokasi lain. Namun, saat ditanya akan pindah kemana, beberapa pedagang menyatakan belum menemukan lokasi yang pas.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kasat Pol PP Kota Bandarlampung, Suhardi Syamsi menyatakan, sudah menerima informasi kalau Pol PP Bandarlampung akan dimintai bantuannya oleh Pol PP Provinsi Lampung untuk menertibkan PKL di sekitar PKOR Way Halim. “Kita hanya dilibatkan, mengingat PKOR Way Halim berada di wilayah Bandarlampung,” ujar Suhardi. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *